10 langkah untuk menciptakan aplikasi C++ wxWidgets pertama Anda di Ubuntu 10.04


Ketika membuat satu aplikasi GUI pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda adalah "Apa perpustakaan GUI akan saya gunakan?" Anda memiliki banyak pilihan, salah satunya adalah perpustakaan wxWidgets. Artikel ini langkah-langkah Anda melalui proses untuk menciptakan sebuah aplikasi GUI yang sangat sederhana menggunakan wxWidgets dan CodeLite.
DOWNLOAD KODE SUMBER
KEMBALI ATAS INDEKS TUTORIAL
Dari situs wxWidgets :
wxWidgets adalah C + + perpustakaan yang memungkinkan para pengembang membuat aplikasi untuk Windows, OS X, Linux dan UNIX pada 32-bit dan 64-bit arsitektur serta beberapa platform mobile termasuk Windows Mobile, iPhone SDK dan tertanam GTK +.


Jika Anda mencari untuk membuat aplikasi GUI yang dapat dengan mudah porting ke semua sistem operasi utama, wxWidgets adalah pilihan yang cocok. Memiliki alat bantu grafis untuk merancang bentuk, memiliki binding untuk banyak bahasa, dan perpustakaan, didirikan kuat. Ada beberapa trik untuk mendapatkan Anda pertama kali wxWidgets aplikasi kerja sekalipun. Langkah-langkah di bawah ini menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat C + + "Hello World" aplikasi di Ubuntu 10.04.

Langkah 1

Pertama-tama Anda perlu menginstal beberapa paket melalui Pusat Software Ubuntu. Yang pertama adalah paket libwxgtk2.8-dev. Ini termasuk file yang Anda butuhkan untuk mengkompilasi aplikasi wxWidgets C + +.

(untitled)
Anda juga akan ingin aplikasi wxFormBuilder. Alat ini memungkinkan Anda untuk merancang wxWidgets GUI menggunakan lingkungan grafis, daripada harus desain bentuk langsung dalam kode.

(untitled)
Akhirnya anda akan memerlukan CodeLite. Sebenarnya setiap C + + IDE akan dilakukan, tetapi CodeLite kecil, cepat, dan di bawah pengembangan aktif.

(untitled)

Langkah 2

Buka CodeLite menggunakan peluncur di bawah Aplikasi -> Pemrograman .

(untitled)
Anda akan harus membuat Workspace baru yang akan berisi proyek wxWidgets Anda. Klik Workspace -> Buat Workspace Baru ...

(untitled)
Ketik nama untuk Workspace, dan pilih lokasi mana akan disimpan.

(untitled)

Langkah 3

Di dalam Workspace kita akan ingin membuat proyek baru. Klik Workspace -> Buat Proyek Baru.

(untitled)
Pilih g + + dari menu sebelah kanan, dan ketik nama untuk proyek baru.
Anda mungkin memperhatikan bahwa sebenarnya ada template untuk aplikasi WxWidgets. Anda dapat menggunakannya, tetapi untuk tujuan artikel ini kita akan setup IDE dari awal untuk diri kita sendiri.

(untitled)

Langkah 4

Sekarang kami memiliki setup proyek, kita bisa jalankan wxFormBuilder dan desain keluar GUI. Klik Aplikasi -> Pemrograman - wxFormBuilder> .

(untitled)
Anda dapat bermain-main dengan pembangun bentuk, tapi untuk tujuan artikel ini kita akan menggunakan file FBP dari arsip sini . Ini adalah bentuk sederhana dengan satu tombol.

(untitled)
Dengan FBP Sampel proyek terbuka klik -> Buat Kode. Berkas ini akan menciptakan dua file: HelloWorld.h dan HelloWorld.cpp.

(untitled)

Langkah 5

Salin file HelloWorld ke folder proyek CodeLite (atau jika Anda membuka file FBP dalam folder proyek CodeLite maka mereka akan dibuat dalam folder yang sesuai pula).
Anda akan perlu menambahkan file HelloWorld dengan mengklik kanan pada folder src di proyek CodeLite dan memilih Tambahkan Ada File ...

(untitled)

Langkah 6

Tambahkan header berikut pada file HelloWorld.h.
#include
Sekarang memodifikasi tubuh OnBtnClick berfungsi untuk terlihat seperti ini:
wxMessageBox(wxT("Hello World"), wxT("Hello World"), wxOK, this);
Semua yang telah kami lakukan di sini adalah mengatur bentuk untuk memunculkan kotak pesan ketika tombol diklik.

Langkah 7

Memodifikasi isi dari file main.cpp untuk melihat seperti berikut:
#include "wx/wx.h"
#include "HelloWorld.h"

class MyApp: public wxApp
{

virtual bool OnInit();
};

bool MyApp::OnInit()
{
MyFrame *frame = new MyFrame( NULL );
frame->Show(true);
SetTopWindow(frame);
return true;
}

IMPLEMENT_APP(MyApp)

Kode ini akan membuat aplikasi wxWidgets baru, serta membuat dan menampilkan bentuk yang kita dibuat menggunakan wxFormBuilder tersebut.

Langkah 8

Untuk mengkompilasi aplikasi kita perlu mengatur beberapa pengaturan tertentu wxWidget, yaitu lokasi termasuk file, dan lokasi dari file library.
Pengaturan ini ditemukan dengan mengklik kanan pada proyek CodeLite dan memilih Setting opsi.

(untitled)
Klik Compiler tab. Dalam Compiler Pilihan textbox tambahkan baris:
-g;$(shell wx-config --cppflags)
wx-config adalah sebuah aplikasi yang akan menampilkan bendera yang diperlukan untuk mengkompilasi sebuah aplikasi wxWidgets. Hal ini menghemat Anda dari keharusan untuk memburu lokasi header file Anda sendiri.

(untitled)
Sekarang klik Linker tab. Dalam opsi textbox tambahkan baris:
$(shell wx-config --libs)
Dengan opsi - baris perintah libs aplikasi wx-config akan mengembalikan bendera yang diperlukan untuk menghubungkan C + + wxWidgets aplikasi.

(untitled)

Langkah 9

Pada titik ini Anda harus dapat menekan CTRL-F9 untuk membangun dan menjalankan aplikasi.

(untitled)(untitled)

Langkah 10

Selamat! Anda telah membuat aplikasi wxWidgets pertama Anda GUI C + +.


Sumber: 
http://www.brighthub.com/hubfolio/matthew-casperson/articles/73449.aspx

0 ɹɐʇuǝɯoʞ: